Langsung ke konten utama

2 SISWI MENAHAN LAPAR DAN DAHAGA DI NEGERI PAMAN SAM


Alkisah, sejarah Islam mencatat bahwa pada hari Jum’at tanggal 17 Ramadhan tahun kedua Hijriah, umat Islam yang saat itu sedang menjalankan ibadah puasa mengalami peristiwa maha dahsyat yang dikenal dengan Perang Badar. Perang tersebut merupakan peperangan terbesar sepanjang sejarah Islam karena umat Islam selain harus berperang secara fisik mereka juga berperang untuk menahan hawa nafsu (Puasa). Nabi Muhammad SAW, Abdullah bin Rawahah dan beberapa sahabat ketika itu tetap meneruskan berpuasa meskipun sedang menghadapi berbagai peperangan, Sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud (2: 2411). Puasa yang Nabi jalankan ketika itu bisa dikatagorikan sebagai puasanya orang yang musafir semata berjuang dijalan-Nya. Dimana  Allah SWT memberikan rukhsoh atau keringanan bagi mereka untuk berbuka sebagaimana dalam firman-Nya pada surat Al-Baqarah ayat 184, namun Nabi tetap meneruskan berpuasa lantaran diakhir surat tersebut dikatakan: “…..Puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”. Disisi lain ketika Nabi bermusafir dan sampai di daerah ‘Ushfan, beliau meminta air kepada salah seorang sahabat kemudian meneguknya didepan gerumunan para sahabat seraya berkata: barang siapa menghendaki sesuatu maka berpuasalah dan barang siapa menghendaki sesuatu maka berbukalah. Dapat disimpulkan bahwa orang yang sedang musafir (karena untuk ibadah bukan maksiat) atau berjuang dijalan Allah diperbolehkan berbuka puasa dan menggantinya dikemudian hari, namun barang siapa yang kuasa hendaklah meneruskan puasa, karena yang demikian itu lebih baik baginya.
Peristiwa diatas mungkin bisa terjadi pada konteks kekinian walau berbeda formulanya. Adalah 2 siswi SMA Negeri 8 bernama Chairunnisa dan Nurina yang tahun lalu menjadi peserta pertukaran pelajar beasiswa AFS, pada akhirnya mereka harus berjuang dengan sekuat tenaga dan penuh kesabaran agar bisa menahan dahsyatnya rasa lapar dan dahaga di negeri minoritas muslim Paman Sam Amerika Serikat. Berikut ini pengalaman dan solusi mereka dalam menjalankan ibadah puasa di Negeri Paman Sam.

Bagaimana pengalaman kalian ketika menjalankan ibadah puasa disana?
Nisa: Dalam perjalanan kurang lebih 20 jam di pesawat, ditambah 8 jam transit, saya memilih untuk tidak berpuasa karena merasa bingung dengan perbedaan waktunya. Tentu, saya mengqadha puasa yang saya tinggalkan di kemudian hari.
Rina: Tahun lalu di Amerika bulan Ramadhan bertepatan dengan musim panas. Dimana lamanya siang bisa mencapai sekitar 17-18 jam. Waktu sahur sekitar jam 4-an pagi, tetapi buka puasanya menjadi jam 8/9-an malam. Awalnya kaget juga sih dan agak khawatir, bisa nggak yach puasa sepanjang itu?
            Dalam Islam, batasan waktu puasa itu bukan menurut patokan jam namun berdasarkan peralihan terbit serta tenggelamnya matahari. Sebagaimana firman Allah swt: “…..Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa sampai datangnya malam. (QS. Al-Baqarah: 187).
           
Lantas, bagaimana solusi kalian menjalankan ibadah disana agar terasa mudah, terutama ibadah puasa ?
Nisa: Langsung bicara apabila ibadah saya terasa terganggu. Karena pada umumnya orang Amerika bebas dan menghargai hak orang lain maka saya lebih berani untuk berbicara kepada mereka bahwa saya terganggu dan mereka segera memahaminya. Selama di kota Arlington, Virgina, saya menjadi vegetarian demi menjaga makanan yang saya konsumsi itu benar-benar halal. Dan saya senantiasa bergabung dengan komunitas muslim lain untuk ibadah bersama. And the last terkadang saya perlu menjama’ shalat apabila aktivitas belajar dan ulangan di sekolah berbarengan dengan waktu shalat.
Rina: Saya lebih suka di sekolah kalau sedang berpuasa. Di sana kelas-kelasnya nggak terlalu berat dan banyak kegiatan sehingga nggak inget sama laper. Temen-temen sekolah waktu mereka tau saya puasa, mereka menghormati saya, begitupula dengan Guru-guru. Bahkan ada yang meminta saya share tentang puasa Ramadhan di depan kelas. Banyak hal-hal yang membuat saya semangat berpuasa di kota Corolado, karena lingkungan keluarga, sekolah, dan aktivitas lainnya yang begitu kondusif dan mendukung.
            Islam adalah agama yang Rahmatan Lil ‘Alamin. Sungguh Allah SWT tidak akan membebani seorang hamba kecuali apa yang disanggupinya. Karena Allah mengkehendaki kemudahan bagimu, dan tidak mengkehendaki kesukaran bagimu. Oleh karena itu janganlah kemudahan yang Allah SWT berikan, dijadikan alat mempermudah segalanya untuk kepentingan dan nafsu pribadi. Namun jadikanlah KESABARAN DAN KETAQWAAN kunci utama keberhasilan dalam menjalankan ibadah yang Allah SWT perintahkan, termasuk ibadah puasa kita pada tahun ini.


* Khairunnisa: Siswi Kelas XII IPA H
Berdomisili di Pondok Bambu, Jakarta Timur

** Nurina: Siswi Kelas XII IPA F
Berdomisili di Bekasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 SOAL LATIHAN PAS GENAP PAI MEI 2017

Assalamualaikum. Wr. Wb Silakan login quiz menggunakan email masing masing. serta isi user name dengan kelas dan nama lengkap contoh xi mipa a / adella...... menggunakan laptop, google chrome dan adobe flash player lebih diutamakan. selamat mengerjakan, semoga sukses. K lik link dibawah ini: Latihan soal pas genap pai mei 2017

Contoh Muqaddimah Pidato

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنَ، وَعَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَاْلمُرْسَلِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ (أما بعد) atau  إِنَّ الْحَمْدَ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِالله مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، لاَ نَبِيَّ وَلاَ رَسُوْلَ بَعْدَهُ. (أما بعد) Atau silahkan lihat di email kelas masing-masing.

PENTING....!!!

Assalamu'alaikum wr.wb. Ahlan wa sahlan !! Lailatukumus Sa'idah !! Ketahuilah anak-anakqu, bahwa latihan, bentuk, format, dan model Soal Sumatif 2010 secara keseluruhan baru bisa di download nanti malam pukul 19.00 Wib. pelajari format atau benang merah soal yang bapak buat, karena bapak hanya merubah kata-kata soal dan jawabannya saja. sedang modelnya sama 90'/.. Oleh sebab itu pelajari dan download dulu semua materi yang terdapat dalam tulisan pokok dan link (berwarna biru) yang ada di Blog ini.dan kalian cukup belajar dari blog ini saja. adapun arti ayat yang ada di blog ini, kalian cukup memahami kandungannya dengan melihat Al-Qur'an terjemah. Selamat Berjuang dan semoga sukses dunia akhirat, trimakasih Untuk mempelajari kembali hasil Sumatif esok hari, serta ingin mengetahui nilai pelajaran agama islam yang mencangkup: kognitif, psikomotorik dan afektif kalian, maka bukalah blog ini kembali pada hari Sabtu, 4 Desember 2010. wass